Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugu Monas Jakarta Pusat

Monas atau Monumen nasional Jakarta
Monas

Tugu Monas Jakarta Pusat siapa sich yang tidak paham salah satunya tempat kongkow dan rekreasi di Jakarta Pusat ini? Monumen Nasional yang dibuat mulai 17 Agtus 1961 yang berdiri di atas tempat selebar 80 hektar berada bersebrangan langsung dengan Istana Negara Jakarta. Proses pembangunannya sempat berhenti karena ada Pergerakan 30 Septermber 1965. Pembanguannya diteruskan kembali ke tahun 1969 sampaing dengan 1975. karena ada penambhan diorama pada monumen itu.

Sesudah proses pembanguna yang mengambil alih beberapa waktu yang menjadikan sebuah kebanggaan untuk negera Republik Indonesia. Di tanggal 12 Juli 1975 Bapak Pembangunan Indonesia Presiden Soeharto Monumen Nasional atau Monas untuk umum. Sementara pemrakarsa atau pencetusnya yakni Presiden Soekarno tidak pernah menyaksikan karena beliau wafat pada 21 Juni 1970.

Semenjak disahkan Monas menjadi satu diantara tempat favorite untuk berekreasi atau tempat nongkrong di Jakarta Pusat tidak cuma dicicipi oleh warga Jakarta saja tapi beberapa pelancong yang bertandang ke ibukota Jakarta dan beberapa pelancong luar negeri.

Pertama kali dibangunnya Tugu Monas tidak terlepas dari Presiden Soekarni, Presiden pertama indonesia yang menggagas berdirinya monumen ini. Beliau inginkan sebuah lambang yang mewakilik karakter dari bangsa Indonesia seperti beberapa negara yang lain memiliki.

Monas atau Monumen nasional Jakarta
Monas

di tanggal 17 Agustus 1954 dibuat Komite Pembangunan Tugu Monas yang menjadi satu diantara jadwal khusus dari Presiden Soekarno. Beliau inginkan monumen itu di dirikan tempat di muka Istana Negara supaya beberapa tamu dari mancangera saat ada di Istana Negara bisa menyaksikannya.

Komite Pembangunan Tugu Monas lakukan sayembara nasional untuk menjala dan pilih kreasi terbaik dari anak negeri. Sayembara yang sudah dilakukan mulai dari 17 Agustus 1955 sukses menjala 51 peserta. Salah ssatu kreasi yang mendapatkan perhatian dari Presiden Soekarno ialah kreasi dari Frederich Silaban, seorang arsitek yang membuat desain beberapa bangungan utama di Indonesia.

Tugu Monas yang berada di Jakarta Pusat sudah pasti menjadikan ikon rekreasi yang harus didatangi. dengan lokasi yang paling vital, gampang dicapai sudah pasti ticket masuk yang paling dapat dijangkau untuk masyrakat. Semenjak berlangsungnya covid 19 Monumen Nasional sempat di tutup dan tidak bisa didatangi oleh masyrakat umu untuk jaga supaya tidak ada penebaran virus covid 19 yang paling menggelisahkan dan membuat warga dan beberapa negara lain mengamankan / lockdown untuk menahan penebaran virus itu.

Monas atau Monumen nasional Jakarta
Monas

Monumen Nasional atau Tugu Monas dibuka kembali dan dapat dikunjungi masyrakat umum sejak tanggal 16 Juni 2022. Tentunya dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan, pengunjung wajib mengikuti aturan-aturan yang harus dilaksanakan jika ingin mengunjunginya, diantaranya:

  • Pengunjung hanya dizinkan mengunjungi areal taman atau luar tugu monas
  • Monas buka mulai pukul 06.00-16.00 WIB, khusus hari senin tutup digunakan untuk perawatan umum
  • Pintu keluar masuk melalui gerbang LENGGANG di areal Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI)
  • Wistawan wajib menggunakan masker dan memiliki akun Peduli Lindungi
  • Menggunakan handsanitizer 
  • Bagi yang belum vaksin disediakan gerai vaksin yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jakarta berlokasi didekat pintu masuk

Harga Tiket Masuk Monumen Nasional atau Tugu MONAS

Untuk menikmati kawasan Monumen Nasional tidak dipungut biaya sepeserpun, EITS tunggu dulu jika wisatawan ingin memasuki Tugu Monas wajib memiliki kartu elektronik. Tiket atau kartu elektronik ini dijual dengan harga yang beragam. Kartu ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengunjungi Monas saja tetapi dapat digunakan untuk fasilitas umum lainnya seperti untuk tiket Trans Jakarta, KRL dan lainnya.

Ketika kita berada dipuncak Tugu Monas wisatawan dapat menikmati dan melihat kota Jakarta menggunakan teropong dengan membeli coin yang terlah disediakan pengelola. Hanya saja kita harus bergantian dengan wisatawan lainnya.

Untuk dapat membeli tiket masuk Tugu Monas dilakukan di 3 sesi yaitu pagi, siang dan malam. Maksudnya adalah ketika wisatawan membeli tiket di pagi hari maka wisatawan dapat menaiki Tugu Monumen Nasional di pagi hari. Begitupun sebaliknya yang membli tiket di siang atau sore. Wistawan tidak dapat membeli tiket masuk pagi lalu memasuki tugu monas di sore atau malam hari. Berikut ini harga tiket masuk dari Monumen Nasional:

Monas atau Monumen nasional Jakarta
Monas
 

Harga Tiket Masuk Monas
Tiket Masuk KawasanGRATIS
Tiket Masuk Tugu Monas
Jenis TiketPuncak MonasCawan & Museum
Tiket Masuk DewasaRp15.000Rp5.000
Tiket Masuk Pelajar/AnakRp4.000Rp2.000
Tiket Masuk MahasiswaRp8.000Rp3.000
Jakcard (Harga Kartu + Saldo Awal)Rp35.000

Adakah informasi penting Sebelum mengunjungi Monumen Nasional atau Monas? Tentu saja ada, wisatawan wajib mengetahui informasi penting tersebut:

  • Tidak ada batasan usia untuk berkunjung ke Monas.
  • Syarat masuk ke Monas yaitu wajib sudah vaksin minimal 2 dosis.
  • Memiliki dan menyiapkan aplikasi PeduliLindungi atau Jaki.
  • Scan barcode aplikasi PeduliLindungi.
  • Menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Akses pintu masuk melalui Lenggang Jakarta atau Parkir IRTI.
  • Pengunjung yang membeli tiket masuk cawan sudah mendapat akses ke Ruang Museum, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan.
  • Pengunjung yang membeli tiket masuk puncak mendapat akses ke Pelataran Puncak dan Sudah Termasuk Museum Sejarah Nasional, Ruang Kemerdekaan dan Pelataran Cawan.
  • Pembelian tiket masuk Tugu Monas hanya menggunakan Kartu Jakcard.
  • Harga tiket Jakcard dengan rincian harga kartu Rp15.000 dan harga saldo awal Rp20.000.
  • 1 Kartu Jakcard dapat dipakai lebih dari 1 orang.
  • Pengunjung dapat membeli Kartu Jakcard di loket Monas.
Monas atau Monumen nasional Jakarta
Monas

 Syarat-syarat mengunjungi Tugu Monas

  • Melakukan pendaftaran H-1 atau hari H saat kunjungan melalui link bit.ly/kunjungantugumonas
  • Mengisi scan QR pendaftaran yang tersedia dan formulir pendaftaran hanya berlaku sesuai dengan tanggal yang tercantum.
  • Wajib scan QR aplikasi PeduliLindungi dan sudah mendapatkan vaksin booster.
  • Mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di area Monas.
  • Pengunjung tidak boleh makan dan tiduran di area Tugu Monas.
  • Tiket masuk pelataran puncak hanya tersedia di loket tiket.

 Jaga selalu kesehatan dengan selalu mematuhi protokol-protokol kesehatan yang berlaku, bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi untuk semua orang yang berada disekitar kita. Dengan selalu menjaga kesehatan, kita dapat dengan leluasa mengunjungi lokasi-lokasi favorit yang dapat dengan mudah kita kunjungi dan nikmati. Salah satunya Monumen Nasional atau Monas ini, dengan kita menjaga protokol-protokol kesehatan kita bukan hanya menjaga diri kita sendiri, tetapi semua wisatawan dan pengelola yang berada di Monas.

Demikianlah sejarah singkat dari Monas, tiket masuk, jam operasional hingga tatacara yang wajib dilakukan wisatawan untuk dapat mengunjunginya. Monumen Nasional menjadikannya salah satu tempat berwisata dan tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang harus dan wajib di kunjungin. Ibarat kata belum ke Jakarta kalau belum mengunjungi Monumen Nasional atau Monas. Belum ke Monas sama saja belum pernah menginjakkan kaki di ibu kota Jakarta. Jakarta kota metropolitan dengan berbagai macam suku dan budaya yang menjadi satu dan menjadikanya ibu dari segala ibu sebuah kota yang menjadikannya tujuan untuk menjadikannya tempat mengadu nasib dan berusaha untuk memperbaiki taraf kehidupan.

Sumber: wik-wik

Posting Komentar untuk "Tugu Monas Jakarta Pusat"