Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lapangan Taman Menteng Jakarta Pusat

Taman Menteng
Lapangan Taman Menteng Jakarta

Lapangan Taman Menteng Jakarta Pusat, taman berada di Jakarta memang mempunyai daya magnet tertentu sampai membuat beberapa pengunjungnya rasakan kepuasan dan ingin lama-lama. Taman yang ada di tempat teritori perumahan elit Jakarta Pusat yang disahkan semenjak di bulan April 2007 oleh Gubernur Sutiyoso. Taman ini memiliki peranan sosial yaitu sebagai sarana umum dengan peranan pengajaran, wisata, dan olahraga.

Lapangan Taman Menteng adalah Ruangan Terbuka Hijau (RTH) yang berada di Jalan Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusa. Taman yang mempunyai luas lebih kurang 29.000 mtr. persegi yang beridi semenjak tahun 2007. Sabelumnya merupaka area stadion sejak tahun 1920 yang bernama Voetbalbond Indische Omstreken Sport atau V.I.O.S Veld

Taman yang bisa menjadi lokasi kongkow sambil hunting photo. Taman ini lebih banyak jadi opsi beberapa pasangan lakukan photo pre-wedding. Tidak itu saja, taman ini banyak juga diputuskan beberapa aktor usaha untuk lakukan photo merek dengan ide outdoor.

Taman ini mempunyai 1000 tanaman dari 30 tipe berlainan yang sudah menghias tiap pojok taman. Dengan keelokan panorama yang ada di Lapangan Taman Menteng, yang memberi kesegaran udara Jakarta yang sarat dengan pencemaran.

Taman yang terdiri jadi beberapa ruangan terbuka, yang kerap jadi tempat untuk bergabung beberapa komune. Hingga cukup banyak komune atau organisasi yang lakukan aktivitas di sini. Salah satunya pojok yang kerap dipakai ialah tempat lapngan futsal dan basket yang ada dan bisa dipakai.

Jalan pedestrian kerap jadi tempat jogging atau naik sepeda sudah pasti tak perlu cemas berdesak-desakan dengan lainnya karena tempat jalan yang lumayan lebar. Dan paling ramai olahraga umumnya di saat sore dan pagi hari.

Suasana nongkrong akan semakin seru dengan iringan para pemain musik jalanan. Mulai dari instrumen gitar, violin, hingga saxophone dapat Anda temukan dengan mudah di Taman Menteng.  Tidak ada biaya yang dipatok untuk menikmati fasilitas umum ini.

 Fasilitas Lapangan Taman Menteng Jakarta

Di taman ini terdapat berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin bersantai di taman. Berikut ini fasilitas-fasilita yang tersedia:

1. Gedung Parkir

Taman Menteng
Gedung Parkir Lapangan Taman Menteng

Terdapatnya gedung parkir yang lega yang mempunyai 4 lantai, yang diutamakan untuk tempat parkir hingga pengunjung tak perlu takut dan berusaha susah payah cari parkir kendaraannya. Di tempat ini ada toilet dan mushala nyaman yang bisa dipakai, lantai atas atau roof hebat yang bisa dipakai untuk menyaksikan panorama Jakarta.

2. Jogging Track

Taman Menteng Jakarta
Lapangan Taman Menteng Jakarta

Untuk yang hobi olahraga lari di sini disediakn jalur atau joging track yang selalu dapat digunakan dengan nyaman.

3. Rumah Kaca 

Taman Menteng Jakarta
Lapangan Taman Menteng Jakarta

Ada 2 gedung yang dibuat dari kaca dan umumnya digunakan untuk tempat pameran lukisan dari beberapa seniman Indonesia, terutamanya seniman di teritori Menteng. Di dalam rumah kaca suka juga diselenggarakan acara pameran photo dan aktivitas theater.

Sebetulnya peranan khusus dari pembuatan rumah kaca mempunyai tujuan untuk dijadikan tempat pembibitan bermacam jenis tanaman. Bersamaan berjalanannya waktu rumah kaca ini dialih-fungsi untuk tempat pagelaran seni.

Dan yang lebih menariknya kembali, untuk pengunjung yang ingin menyaksikan kreasi seniman Indonesia ini tidak diambil ongkos atau cuma-cuma.

4. Lapangan Basket

Taman Menteng Jakarta
Taman Menteng Jakarta

Lapangan basket menjadi satu diantara sarana favorite, yang menjadikan selalu ramai di saat sore hari. Karena banyak kaula muda yang bermain atau sekedar hanya kongkow. Dengan keadaan lapangan basket yang paling terurus. Eit, lapangan basket ini dibuka untuk umum tiap hari Senin - Jum'at dan hari Sabtu - Minggu dipakai oleh team Basket Menteng.

5. Lapangan Futsal

Taman Menteng Jakarta
Taman Menteng Jakarta

Disisi utara taman menteng terdapat 2 lapangan futsal yang dapat digunakan secara gratis. Apabila teman-teman yang ingin menggunakan harus berkoordinasi dengan pihak pengelola taman menteng agar tidak terbentur dengan pengguna atau tim lain yang ingin menggunakannya.

6. Area Bermain Anak-Anak

Taman Menteng Jakarta
Taman Menteng Jakarta

Bermain sebuah taman tentu saja tidak lengkap jika tidak membawa keluarga. Bagi teman-teman yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil bermain di sini tidak akan membosankan, karena di sini terdapat aren bermain anak-anak. diantaranya ayunan, perosotan, serta jembatan kayu dengan tali. Dan kondisi taman juga sangat bersih, sehingga kalian tidak perlu ragu dan khawatir untuk bermain di dalam kawasan taman.

 7. Spot Prewedding

Taman Menteng Jakarta
Prewedding Taman Menteng

Taman Menteng dengan keelokan dan keunikannya, banyak pasangan pengantin yang memakainya untuk lakukan photo prewedding.

Dengan sarana yang komplet dibanding taman yang lain ada di Jakarta. Taman menteng kerap jadi beberapa calon pengantin untuk lakukan photo prewedding di sini. Disamping itu, rekan-rekan yang ingin lakukan photo prewedding di sini tidak dikenai ongkos serupiahpun alias GRATIS.

oleh karenanya banyak yang berkunjung taman menteng, selainnya mempunyai sarana taman kota yang paling komplet dan gampang untuk dicapai karena mempunyai lokasi yang paling vital.

Fasilitas lainnya yang disediakan di taman ini:

  • Tempat Nongkrong
  • Kolam Ikan dan Air Mancur\
  • Wifi Gratis
  • Toilet
  • Tempat duduk
  • Spot foto
  • Security

Tiket Masuk LapanganTaman Menteng   

Teman-teman tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk dapat menikmati ata tiket masuk ke taman ini. Teman-teman hanya perlu mengeluarkan biaya parkir saja setiap kali ingin mengunjungi taman ini, itupun bagi yang mebawa kendaraan probadi. Eits, jangan lupa ya disekitaran taman ada area parkir liar dengan tarif yang flat, tetapi sangat disarankan untuk parkir ditempat atau gedung parkir yang disediakan agar tidak menghalangi jalan.

Lokasi & Jam Operasional  

Taman menteng yang berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto RT/RW 3/5, Menteng, Kecamtan Menteng, Kota Jakarta, DKI Jakarta.

Taman menteng buka setiap hari mulai pukul 05.00 - 23.00 WIB.

Taman Menteng Jakarta


Tips-Tips Di Lapangan Taman Menteng

Berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan jika ingin mengunjungi Taman Menteng: 

  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada waktu pagi dan sore hari.
  • Mentaati seluruh peraturan yang ada di tempat wisata.
  • Apabila kalian datang dengan membawa anak – anak, pastikan tidak jauh dari jangkauan kalian.
  • Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Membawa bekal dari rumah jika hendak piknik di area taman menteng dan tentunya akan jauh lebih hemat.
  • Membawa uang cash secukupnya.
  • Mengenakan pakaian nyaman.

Dengan akses yang sangat mudah, yang menjadikannya taman kota yang banyak diminati. Bahkan bagi teman-teman yang tidak membawa kendaraan pribadi. Dengan rute kendaraan umum yang mudah diakses menggunakan Transjakarta dan turun di halte Taman Menteng.  Taman ini tidak terlalu jauh dari Bundaran HI sehingga tidak sulit untuk mencarinya. sehingga menjadikannya tempat nongkrong di Jakarta Pusat yang wajib teman-teman kunjungi. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan di taman ini menjadikannya taman yang terbaik yang berada di Jakarta Pusat.

Sumber: wik-wik

Posting Komentar untuk "Lapangan Taman Menteng Jakarta Pusat"